NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Lifestyle

Cara Mengatasi Kecelakaan Kerja yang Tidak Boleh Disepelekan

2 Mins read
mengatasi kecelakaan kerja

Tak bisa dipungkiri, setiap pekerjaan pasti memiliki risiko tersendiri. Lazimnya, kecelakaan kerja dapat menyebabkan luka hingga kehilangan nyawa. Terlebih lagi jika karyawan yang bekerja di tempat tersebut tidak menaati peraturan yang telah ditetapkan.

Maka dari itu, cara mengatasi kecelakaan kerja perlu dipahami setiap pekerja dan tidak boleh disepelekan. Berikut selengkapnya.

1. Mengenali Tempat Kerja

Sebelum mulai bekerja, pengenalan tentang tempat kerja penting untuk dilakukan. Pasalnya, pengenalan ini dapat memberi pemahaman secara luas terhadap pekerja yang bergabung dalam perusahaan.

Pengenalan dapat dilakukan dengan mengenalkan jenis pekerjaan yang akan dilakukan, kondisi tempat kerja hingga alat-alat yang digunakan ketika bekerja.

Pengenalan kondisi tempat kerja dapat membuat setiap orang memiliki kesadaran dan pemahaman dengan baik.

Hal ini memiliki pengaruh baik agar setiap pekerja yang diterima memiliki tingkat kewaspadaan yang baik. Bahkan, setiap pekerja dapat mengenali risiko kecelakaan yang bisa berakibat buruk.

2. Melakukan Simulasi Pengamanan Kerja

Simulasi pengamanan kerja dapat menjadi cara mengatasi kecelakaan kerja agar tidak terjadi. Simulasi pengamanan mengajarkan kepada pekerja tentang cara menyelamatkan diri sendiri maupun orang lain.

Sayangnya, kegiatan simulasi pengamanan kerja seringkali menjadi kegiatan yang banyak diremehkan oleh hampir setiap orang.

Padahal, sudah selayaknya kegiatan ini dilakukan dalam beberapa kondisi. Kegiatan simulasi dapat dikhususkan kepada seluruh karyawan, karyawan yang telah lama bekerja maupun karyawan baru yang baru saja diterima kerja.

Sehingga berbagai jenis kecelakaan kerja dapat diantisipasi sejak dini dan tidak akan ada korban jiwa di tempat kerja.

Baca Juga   Kelebihan Hotel Sebagai Tempat Resepsi Pernikahan Di Masa Pandemi

3. Ikuti Prosedur Kerja Dengan Baik

Jika dibedah, setiap tempat kerja pasti memiliki ketentuan dan aturan untuk karyawan. Hal ini bertujuan agar karyawan dapat bekerja dengan baik untuk mencapai tujuan perusahaan.

Lebih dari itu, prosedur kerja yang ditetapkan berguna untuk kemaslahatan pekerja sebagai cara mengatasi kecelakaan kerja.

Prosedur yang ditetapkan dalam suatu perusahaan biasanya memperhitungkan jam kerja, lokasi dan kebutuhan pekerja.

Bahkan, perusahaan seringkali mendaftarkan BPJS pekerja untuk karyawan guna mengantisipasi risiko yang dapat terjadi. Maka dari itu, sudah selayaknya Anda mengikuti prosedur yang ditetapkan dengan baik.

4. Bekerja Dengan Baik dan Tidak Bercanda Secara Berlebihan

Bekerja dengan santai dan rileks memang dapat menjadikan setiap pekerjaan menjadi lebih menyenangkan. Namun bercanda dengan pekerja lain ketika berada di tempat kerja ternyata dapat menyebabkan risiko kecelakaan kerja.

Terlebih lagi jika kegiatan bercanda yang dilakukan berhubungan dengan kondisi fisik. Misalnya saling mendorong atau menarik teman.

Mengetahui kondisi tersebut, sudah selayaknya jika aktivitas bekerja dilakukan dengan baik. Anda bisa bercanda untuk mencairkan suasana pekerjaan agar lebih rileks tetapi tidak boleh berlebihan. Terlebih lagi jika tempat Anda bekerja memiliki risiko yang cukup tinggi dan sangat berbahaya bagi pekerjanya.

5. Good Housekeeping

Selain itu, Anda bisa mempraktekkan cara mengatasi kecelakaan kerja dengan good housekeeping. Lazimnya, housekeeping dapat dimanfaatkan untuk merapikan berbagai alat dan barang yang dibutuhkan ketika bekerja.

Hal ini karena barang-barang berserakan dapat menyebabkan risiko kecelakaan. Untuk itu, rapikan semua alat dan kembalikan barang setelah digunakan pada tempatnya.

Setiap orang yang bekerja pasti menginginkan kondisi berjalan dengan lancar. Sayangnya, berbagai hal tak terduga seringkali dapat menyebabkan masalah hingga kecelakaan kerja yang sangat berisiko, yaitu mulai dari luka hingga kehilangan nyawa.

Baca Juga   5 Alasan Memilih Kursi Plastik Rotan Untuk Furnitur

Maka dari itu, beberapa tips di atas perlu Anda pahami demi menghindari risiko pada setiap pekerjaan. Jika perlu, Daftar asuransi kecelakaan diri untuk memberikan proteksi tambahan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

1304 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Lifestyle

Ini Dia Bulu Mata Palsu Keren Dari Korea

3 Mins read
Pemakaian bulu mata palsu akan meningkatkan estetika di bagian mata seseorang. Pemilihan bulu mata palsu menjadi kuncinya. Sebagai trend-setter, Korea Selatan juga…
Lifestyle

5 Alasan Memilih Kursi Plastik Rotan Untuk Furnitur

2 Mins read
Apa saja 5 alasan untuk memilih kursi plastik rotan untuk furnitur? Simak ulasannya di artikel ini. Mengenal Rotan Kalian pasti sudah tidak…
Lifestyle

5 Merek Sepatu Ukuran Jumbo

5 Mins read
Kamu sedang mencari sepatu ukuran jumbo? ini artikel yang bermanfaat buat kamu. Sejarah Sepatu Sepatu adalah salah satu benda yang menjadi perhatian…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.