NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Asuransi

Lindungi Mobil Kamu Dengan Asuransi Mobil

2 Mins read
asuransi mobil

Pernahkah kamu mengalami kejadian tabrakan dengan mobil kamu? Semoga belum pernah ya. Jika sudah pernah, apa yang kamu lakukan? Pasti bingung banget ya. Lalu harus memikirkan lagi bagaimana mobil tersebut akan diperbaiki dan berapa biayanya? Kejadian seperti ini termasuk dalam kejadian yang dilindungi oleh asuransi. Masih banyak kejadian lain yang bisa dilindungi. Selain itu asuransi untuk mobil juga mempunyai berbagai macam jenis. Kalau kamu peduli dengan perlindungan mobil kamu, mari simak ulasan tentang asuransi mobil ini.

Melindungi Mobil Dengan Asuransi

Mungkin sebagian dari kita sudah banyak mengenal mengenai asuransi, misalnya saja asuransi jaminan hari tua. Pada prinsipnya program asuransi digunakan untuk memberikan perlindungan terhadap segala hal. Begitu pula dengan asuransi untuk mobil ini.

Pada asuransi mobil beberapa hal yang dilindungi mulai dari pergantian biaya perbaikan hingga pergantian kehilangan. Karena prinsipnya adalah perlindungan, maka asuransi akan memberikan manfaat jika terjadi kejadian yang dilindungi oleh asuransi tersebut.

Di sisi lain, di masyarakat masih banyak yang beranggapan bahwa mengikuti asuransi adalah sia-sia. Anggapan ini didasari dengan tidak didapatnya manfaat asuransi karena tidak pernah mengalami kejadian yang dilindungi. Padahal sebetulnya kita harus sangat bersyukur jika tidak mengalami kejadian tersebut. Misalnya, siapa sih yang ingin mengalami kecelakaan di jalan ataupun mobilnya hilang dicuri orang.

Jika terjadi kejadian tersebut, maka disitulah peran asuransi memberikan manfaat. Kalau dianalogikan seperti melakukan persiapan ketika musim hujan dengan membawa payung. Apakah kita yakin kalau nanti akan hujan? Tentu tidak. Payung akan kita gunakan jika hujan turun. Begitu pula dengan asuransi yang akan kita gunakan ketika terjadi kejadian yang tidak kita inginkan dan kejadian tersebut dilindungi oleh asuransi.

Jenis Asuransi Mobil

Dengan mengetahui manfaat dari asuransi, maka menjadi sangat penting untuk memiliki asuransi yang dapat melindungi mobil kamu ketika terjadi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Asuransi mobil memiliki beberapa jenis, antara lain:

  1. Total Loss Only (TLO)
    Pada jenis asuransi ini, kamu akan mendapatkan perlindungan penggantian kerugian yang diakibatkan oleh kehilangan kendaraan ataupun penggantian biaya kerugian untuk perbaikan kendaraan yang mengalami kecelakaan dengan kerusakan hingga 75%.

  2. All Risk / Komperehensif
    Pada asuransi jenis ini, kamu bisa mengajukan klaim untuk perbaikan mobil kamu. Misalnya saja bodi mobil yang terserempet kendaraan lain. Bahkan kamu bisa meminta penggantian untuk kerusakan lain yang lebih besar. Tentunya ini tergantung dari ketentuan yang sudah tertera di surat polis ya.

  3. All Risk Dengan Perluasan Asuransi Mobil
    Asuransi jenis ini sebetulnya asuransi umum namun diperluas juga untuk klaim terhadap kerusakan pada mobil kamu. Beberapa kejadian yang bisa dilindungi asuransi jenis ini antara lain: bencana gempa bumi, banjir, kerusuhan, sabotase, terorisme, kecelakaan pengemudi, kecelakaan penumpang, hingga pertanggung jawaban terhadap pihak ketiga.

Daftar Asuransi Mobil Terbaik

Dari ketiga jenis asuransi tersebut, mana yang paling cocok untuk kamu?

Jika kamu masih bingung untuk menentukan jenis asuransi mana yang cocok, kamu bisa menghubungi perusahaan asuransi untuk mendapatkan saran. Pastinya kamu harus tentukan dulu budget yang ingin kamu keluarkan untuk membayar premi asuransi tersebut. Jangan takut dengan tahun pembuatan mobil karena perusahaan asuransi bisa melindungi mobil kamu untuk tahun pembuatan kapanpun.

Ada beberapa perusahaan asuransi yang bisa kamu jadikan tempat bertanya mengenai perlindungan terhadap mobil kamu, diantaranya: Tugu Insurance, Pan Pacific Insurance, Asuransi ACA, Sompo Insurance, Asuransi Raksa, dan Asuransi Artarindo. Kesemua itu bisa dibilang merupakan perusahaan yang bisa memberikan daftar asuransi mobil terbaik di Indonesia.

Perlindungan mobil itu sangat penting, terutama untuk menyiapkan diri menghadapi keadaan yang tidak diinginkan. Jadi jangan ragu untuk melindungi mobil kamu dengan asuransi ya!

Artha Nugraha Jonar
1256 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

7 Comments

  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.