NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Keuangan

Membeli Mobil Dengan Menggunakan Simulasi Kredit Mobil

2 Mins read
Menggunakan Simulasi Kredit Mobil

Banyak orang yang bermimpi untuk memiliki mobil pribadi. Berbagai hal bisa dilakukan jika memiliki mobil, mulai dengan mengunjungi keluarga yang ada di luar kota atau berwisata dengan melakukan perjalanan jauh dengan mobil. Namun jika ternyata uang untuk membeli mobil masih belum cukup, maka pilihannya adalah dengan membeli secara kredit. Namun sebelum membeli secara kredit, kamu bisa menggunakan simulasi kredit mobil untuk mengetahui berapa cicilan yang harus dibayarkan dan berapa uang muka yang harus disiapkan.

Membeli Mobil Bekas Atau Baru

Ketika akan membeli mobil, tentu ada anggaran tertentu yang sudah dimiliki untuk membeli mobil. Namun di sisi lain adanya keinginan untuk membeli mobil dengan merek dan jenis tertentu dengan berbagai alasan. Selain itu, dengan berbagai faktor tersebut, pada saat membeli mobil juga akan muncul pilihan untuk membeli mobil bekas atau baru.

Masing-masing pilihan untuk membeli mobil bekas atau baru mempunyai keunggulan masing-masing. Misalnya jika kamu membeli mobil baru, maka kamu bisa mendapatkan mobil yang fresh dan disertai dengan banyak dukungan purna jual seperti perawatan dan oli yang gratis. Namun jika kamu membeli mobil bekas, kamu bisa mendapatkan berbagai mobil yang masih bagus namun dengan harga yang murah. Maka sebaiknya pertimbangkan dahulu, apakah membeli mobil baru atau membeli mobil bekas.

Membeli Dengan Tunai Atau Kredit

Jika kamu sudah mendapatkan pilihan mobil yang kamu inginkan, maka tinggal melakukan proses pembelian. Jika anggaran yang kamu siapkan sudah sesuai dengan harga mobil tersebut, maka kamu tinggal melakukan pembelian. Namun jika ternyata anggaran yang telah kamu siapkan ternyata masih belum mencapai harga mobil yang kamu inginkan, maka pilihannya adalah mencari mobil lain yang harganya sesuai dengan anggaran yang telah disiapkan atau melakukan pembelian mobil secara kredit.

Keuntungan Dan Kerugian Membeli Mobil Secara Tunai

Membeli mobil secara tunai memberikan beberapa keuntungan. Yang pertama, kamu bisa membawa pulang mobil yang kamu inginkan dengan cepat. Yang kedua adalah kemungkinan diberikan diskon dari penjual mobil, karena pada prinsipnya penjual mobil tentu ingin mobil yang dijual bisa lebih cepat laku.

Namun di sisi lain, ada kerugian membeli mobil secara tunai, yaitu harga jual yang akan turun dengan cepat. Bahkan jika mobil yang baru kamu beli seminggu yang lalupun, harganya akan turun dengan cepat.

Keuntungan Dan Kerugian Membeli Mobil Secara Kredit

Pilihan lain untuk membeli mobil adalah dengan membeli mobil secara kredit. Keuntungannya adalah kamu bisa mendapatkan mobil yang kamu inginkan meski anggaran yang kamu siapkan belum mencapai dari harga mobil tersebut. Ini berlaku baik untuk mobil baru dan bekas ya.

Namun di sisi lain membeli mobil bekas secara kredit artinya kamu harus mempersiapkan berbagai data dan dokumen yang diperlukan untuk mengajukan kredit. Pastikan jika profil kamu sebagai kreditur baik, karena pastinya dari pihak lembaga keuangan yang akan memberikan kredit akan mempertimbangkan profil kamu.

Menggunakan Simulasi Kredit Mobil

Jika kamu memutuskan untuk mengambil mobil secara kredit, kamu bisa menggunakan simulasi kredit mobil untuk membantu kamu melihat secara detail tentan berbagai hal yang berkaitan dengan kredit mobil seperti misalnya uang muka yang harus disiapkan, cicilan yang harus dibayar dan berapa lama kamu harus mencicilnya.

Melalui simulasi kredit mobil ini kamu bisa memasukkan berbagai inputan mulai dari jenis mobil, harga mobil, hingga warna mobil. Selanjutnya akan dilakukan perhitungan untuk uang muka, cicilan dan lama kredit. Bahkan saat ini, kamu juga bisa mengajukan kredit secara langsung berdasarkan hasil simulasi kredit mobil tersebut secara online. Kamu tinggal meng-upload data-data yang diperlukan dan selanjutnya tinggal menunggu hasil verifikasi.

Bagaimana? Menarik bukan. Jadi, kalau kamu sedang mempertimbangkan untuk membeli mobil secara kredit, coba dulu simulasi kredit mobil dan kalau ingin mengajukan kredit, kamu tinggal mengajukannya di aplikasi yang sama.

Artha Nugraha Jonar
1228 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

15 Comments

  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.