NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
kesehatan

Manfaat Memberikan Vaksinasi pada Anak

2 Mins read
Vaksinasi pada Anak

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa anak perlu mendapatkan vaksinasi atau imunisasi yang lengkap. Hal ini bukan tanpa alasan, karena memang ada banyak manfaat yang diberikan vaksin.

Selain itu, kini Anda bisa mendapat vaksin dengan nyaman dan mudah. Anda bisa mendatangi rumah sakit, klinik vaksin, atau bahkan melakukan vaksinasi di rumah.

Lalu, apa itu vaksinasi dan apa manfaatnya untuk anak?

Pengertian & Tujuan Vaksinasi

Vaksinasi atau imunisasi adalah salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan anak-anak dengan memberikan vaksin untuk melindungi tubuh dari penularan penyakit tertentu. Vaksin, yang terbuat dari kuman yang dilemahkan atau dimatikan, bekerja dengan merangsang pembentukan antibodi dalam tubuh anak.

Vaksinasi adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit serius pada anak-anak. Saat seorang anak menerima vaksinasi, sistem kekebalan tubuhnya menjadi lebih kuat dan siap melawan infeksi.

Meski begitu, imunisasi bukan hanya bertujuan untuk melindungi anak dari penyakit serius saja, tetapi juga untuk meminimalkan penyebaran penyakit di masyarakat.

Di Indonesia, program vaksinasi rutin terdiri dari tiga jenis utama, yaitu vaksinasi dasar, lanjutan, dan ulangan atau booster. Jadwal imunisasi ini bergantung pada usia anak. Vaksinasi dasar adalah langkah pertama yang penting dalam melindungi anak dari berbagai penyakit menular.

Sedangkan vaksin tahap lanjutan bertujuan untuk menjaga tingkat daya tahan tubuh anak seiring bertambahnya usia mereka. Ada juga imunisasi ulangan atau booster yang berfungsi untuk memperkuat kekebalan anak.

Manfaat Vaksinasi/Imunisasi untuk Anak

Bukan tanpa alasan vaksinasi perlu diberikan pada anak. Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan oleh anak yang telah mendapatkan vaksinasi dengan lengkap.

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan:

  1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
    Pemberian vaksin rutin pada anak mendorong tubuh mereka untuk membentuk antibodi yang khusus untuk melawan berbagai jenis penyakit. Ini berarti anak-anak yang divaksinasi memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat.

    Meskipun mereka masih dapat terkena penyakit, namun penyakit tersebut akan kurang parah dibandingkan dengan anak yang tidak divaksinasi.

  2. Mencegah Infeksi dan Penularan Penyakit
    Vaksinasi telah terbukti efektif dalam menghentikan penyebaran penyakit. Contoh nyata adalah vaksin cacar, yang telah berhasil membasmi cacar variola di seluruh dunia sejak tahun 1990.

    Demikian pula, imunisasi telah membantu mencegah wabah campak yang pernah mengancam anak-anak dan bayi.

  3. Mengurangi Risiko Cacat dan Kematian
    Dengan vaksinasi yang tepat, kita dapat mengurangi risiko anak mengalami cacat atau bahkan kematian akibat penyakit. Sebagai contoh, setelah imunisasi polio diperkenalkan secara luas di Indonesia, angka kasus polio menurun drastis.

    Vaksin juga efektif dalam mengurangi risiko penularan virus campak dan rubela pada ibu hamil dan bayi yang dikandungnya, sehingga melindungi bayi dari cacat.

  4. Investasi Kesehatan Jangka Panjang
    Memberikan vaksin kepada anak-anak adalah investasi kesehatan yang sangat berharga. Vaksinasi membantu mengurangi angka kesakitan, kecacatan, dan kematian akibat penyakit, sehingga menghemat biaya dan waktu yang diperlukan untuk mengobati penyakit tersebut.
Baca Juga   Menangkal Virus Corona di Kalangan Pekerja Logistik

Imunisasi Nyaman di Klinik Vaksin atau Vaksinasi di Rumah

Mengingat manfaat luar biasa dari vaksinasi, sangat penting bagi orang tua untuk memastikan bahwa anak-anak mereka mendapatkan semua vaksin yang dianjurkan.  

Meski demikian, banyak orang tua yang takut membawa anaknya ke rumah sakit karena takut tertular penyakit. Oleh karenanya, Anda bisa mengunjungi klinik vaksin yang memiliki fasilitas lebih aman dan nyaman dari rumah sakit.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan layanan vaksinasi di rumah. Meski demikian, pastikan tindakan vaksinasi dilakukan oleh dokter profesional, sehingga keamanan anak Anda terjamin.

1467 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan home furnishing. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
kesehatan

Senyum Bahagia Bersama Happy Dental Clinic Jakarta di Baywalk Mall

6 Mins read
Di tengah hiruk pikuk kota Jakarta, tempat yang tepat untuk merawat kesehatan gigi sering kali sulit ditemukan. Namun, bagi saya dan keluarga,…
kesehatan

Tips Mengikuti Program Hamil agar Berhasil Mendapatkan Buah Hati

3 Mins read
Mengawali perjalanan menuju kehamilan dan mendapatkan buah hati adalah momen yang sarat dengan harapan dan sering kali dihadapi dengan berbagai tantangan oleh…
kesehatan

Kurang Tidur? Kenali 7 Efek Kurang Tidur Bagi Kesehatan!

4 Mins read
Efek kurang tidur bisa lebih serius daripada yang kita bayangkan, lho!  Pernah merasa seperti zombie setelah begadang sepanjang malam untuk memenuhi deadline…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.