NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
kesehatan

Cara Tradisional Menurunkan Kadar Kolesterol pada Tubuh

3 Mins read
Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol tinggi di dalam tubuh adalah sebuah kondisi bertambahnya kadar kolesterol di dalam darah yang melewati ambang batas kadar kolesterol padakeadaan normal. Terdapat berbagai penyakit yang dapat ditimbulkan karena kadar kolesterol yang tinggi, contohnya adalah stroke serta jantung. Beberapa cara dapat dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Salah satunya adalah beberapa obat kolesterol alami yang bisa kamu jumpai dari bahan dapur tradisional dan ini terbukti sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami. 

Lalu apakah kolesterol itu berbahaya? Kolesterol sebenarnya diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel yang baru. Kolesterol membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D. Selain itu kolesterol juga memproduksi asam empedu untuk mengolah lemak dan menghasilkan beberapa hormon. Seseorang bisa memiliki kadar kolesterol yang tinggi karena sering mengkonsumsi makanan yang dapat memicu kenaikan kadar kolesterol seperti makanan cepat saji, tidak pernah berolahraga, atau bisa juga karena faktor keturunan.

7 Obat Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami
Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Jika tubuh kamu memiliki kadar kolesterol yang tinggi, kamu harus segera menurunkannya agar tidak menimbulkan penyakit komplikasi. Ada beberapa obat alami yang terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dan mudah kamu jumpai di rumah. Berikut ini 7 obat alaminya:

1. Ketumbar

Ketumbar biasanya dipakai sebagai bumbu masakan yang bisa menghasilkan wewangian yang menggugah selera makan. Ternyata manfaat lain dari ketumbar adalah dapat menurunkan kadar kolesterol yang ada pada tubuh. Pada biji ketumbar memiliki kandungan asam yang efektif menahan endapan kolesterol di dalam darah.

Baca Juga   4 Langkah Penggunaan Pasta Gigi Sebagai Cara Menghilangkan Jerawat

Air ketumbar dapat dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang jahat pada tubuh. Caranya: masak dua sendok ketumbar bersama air mendidih lalu saring, dan kamu konsumsi air hasil rebusan ketumbar tersebut. Air ketumbar bisa diminum saat pagi dan sore hari. Bisa juga ditambah dengan madu agar rasa menjadi sedikit lebih manis.

2. Bawang Putih

Bawang putih adalah bahan populer yang sering dipakai untuk beberapa obat herbal. Bawang putih dapat dipakai untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami. Bagaimana caranya? Makanlah bawang putih 1 – 3 siung setiap harinya, disamping itu, kamu juga harus banyak minum air putih agar mencegah terjadinya dehidrasi yang disebabkan oleh zat diuretik yang terdapat pada bawang putih.

3. Seledri

Seledri dipercaya dapat menurunkan hipertensi dan juga kadar kolesterol yang ada pada tubuh secara alami. Seledri mengandung konsentrat heksana yang dapat turunkan tekanan darah. Kandungan metanol serta etanol yang ada pada seledri akan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar dan dapat mengurangi infeksi pada pembuluh darah. Kamu cukup membuatnya menjadi jus agar lebih mudah dikonsumsi. Dengan mengkonsumsi jus seledri dapat menurunkan kadar kolesterol kamu yang tinggi.

4. Biji Ketumbar

Kandungan Oleat, Asam Linoleat, Asam Palmitat, Asam Askorbat, serta Asam Stearat yang terdapat dalam biji ketumbar bisa mengatur kadar kolesterol di dalam darah agar tetap stabil. Selain itu biji ketumbar bisa membantu menurunkan kolesterol jahat tanpa mempengaruhi kolesterol baik. Cara mengkonsumsinya cukup mudah, dua sendok teh bubuk biji ketumbar dicampur dengan sedikit air, kemudian direbus. Lalu setelah mendidih kemudian disaring dan air hasil rebusan siap untuk dikonsumsi. Air ketumbar ini bisa diminum dua kali sehari sesuai kebutuhan.

Baca Juga   Mewaspadai Peredaran Narkoba di Industri Logistik

5. Kunyit

Kunyit yang berwarna kuning memiliki kandungan Kurkumin, Kurkumin sendiri bermanfaat untuk menguras asam empedu. Masakan yang mempunyai kandungan bahan kunyit sangat baik dikonsumsi bagi yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Kunyit juga berfungsi untuk menghambat pengaruh buruk lemak yang jenuh. Jika ingin mengkonsumsi dengan masakan santan, disarankan untuk mencampur bahan kunyit kedalamnya. Karena kunyit bisa menetralisir pengaruh buruk santan yang bisa mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah salah satu obat kolesterol alami yang bisa kamu mudah dapatkan di dapur. Dengan mengkonsumsi cuka sari apel ini terbukti dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL (High Densitas Lipoprotein). Kandungan serat larut yang ada pada sari cuka apel ini bisa meresap kolesterol jahat dan juga lemak pada tubuh. Serat larut ini menambah massa yang dapat membuat  rasa kenyang makin lama, oleh sebab itu sari cuka apel ini cocok untuk orang diet secara sehat. 

Sari cuka apel memiliki kandungan Asam Amino yang bisa menetralisir kolesterol jahat dan akan dikeluarkan secara alami oleh tubuh. Masukkan satu gelas air dan satu sendok teh sari cuka apel organik. Minum dua sampai 3 kali satu hari selama satu bulan non-stop.

7. Daun Salam

Daun salam umumnya digunakan untuk bumbu masakan agar lebih nikmat dan terasa rempahnya. Ternyata daun salam ini sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol pada tubuh. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan merebus 10 sampai 15 helai daun salam yang telah bersih dengan tiga gelas air. Rebus hingga air tersisa kira-kira 1 gelas. Air rebusan daun salam lebih baik dikonsumsi saat malam hari, karena air daun salam ini bukan sekedar untuk menurunkan kolesterol jahat, akan tetapi daun salam juga bermanfaat untuk mengobati asam urat.

Hidup Sehat Tanpa kadar Kolesterol Tinggi
Hidup Sehat Tanpa kadar Kolesterol Tinggi

Nah itulah beberapa obat alami yang bisa menurunkan kolesterol secara alami yang bisa ditemui di dapur rumah. Ada banyak berbagai cara menurunkan kolesterol, untuk mencegah hal itu terjadi sebaiknya berolahraga yang cukup dan mengatur pola makan sesuai anjuran ahli gizi. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa share untuk berbagi info kepada kerabat dan keluarga kalian.

Baca Juga   Menjaga Kesehatan Mata Dengan Vitamin Eyevit
Artha Nugraha Jonar
1245 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
kesehatan

Manfaat Vitamin D3 Bagi Tubuh

2 Mins read
Sebagai bagian dari komitmen hidup sehat, melakukan gaya hidup yang sehat seperti makan makanan yang menyehatkan, berolahraga secara teratur, dan beristirahat yang…
kesehatan

4 cara menghilangkan plak pada gigi Yang Membandel

2 Mins read
Siapa yang tidak ingin memiliki gigi putih dan bersih? Semua ingin memiliki gigi putih dan bersih. Namun bagaimana jika ada plak di…
kesehatan

8 Manfaat Baik Bawang Putih Untuk Kesehatan 

2 Mins read
Bawang putih biasanya digunakan sebagai bumbu masakan. Tetapi tahukah kamu ternyata bumbu dapur ini memiliki banyak manfaat. Sebagian orang mungkin menganggap kalau…

19 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
kesehatan

Jangan Pernah Tunda BAB Untuk Mengatasi Susah BAB