NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Travelling

Kelebihan Mudik Naik Kereta Api dan Tips Agar Perjalanan Jadi Nyaman

2 Mins read
Mudik Naik Kereta Api

Mudik naik kereta api bisa jadi pilihan yang nyaman dan praktis, asalkan kamu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Selain itu, pastikan kamu tidak beli tiket KA lebaran di waktu yang berdekatan dengan tanggal mudik karena kemungkinan kehabisan tiket akan terjadi.

Tak hanya itu, pastikan juga membeli tiket KA lebaran di Traveloka karena terbukti terpercaya, praktis dan banyak diskon menarik yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Nah, berikut adalah beberapa tips mudik naik kereta api yang bisa kamu terapkan agar perjalananmu lancar dan menyenangkan.

  1. Pesan tiket sejak jauh-jauh hari
    Jangan sampai kamu kehabisan tiket karena menunda-nunda pembelian. Kamu bisa memesan tiket secara online melalui aplikasi resmi PT KAI atau situs-situs terpercaya lainnya. Pastikan juga kamu mencetak tiket atau menyimpannya di ponselmu agar tidak repot saat check-in di stasiun.

  2. Bawa barang secukupnya
    Jangan bawa barang terlalu banyak atau berat, karena akan merepotkan kamu saat naik dan turun kereta. Pilihlah barang-barang yang penting dan bermanfaat saja, seperti pakaian, obat-obatan, alat mandi, dan perlengkapan ibadah. Simpan barang-barangmu di bagasi yang tersedia atau di bawah kursimu agar tidak mengganggu penumpang lain.

  3. Pakai pakaian yang nyaman
    Hindari memakai pakaian yang terlalu ketat, panas, atau berbahan kasar. Pilihlah pakaian yang longgar, sejuk, dan lembut agar kamu bisa bergerak dengan bebas dan tidak gerah selama perjalanan. Kamu juga bisa membawa jaket atau selimut tipis untuk menghangatkan diri jika AC kereta terlalu dingin.

  4. Bawa makanan dan minuman sendiri
    Meskipun ada gerbong makan yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman, tetapi lebih baik kamu membawa bekal sendiri dari rumah. Selain lebih hemat, kamu juga bisa mengontrol kesehatan dan kebersihan makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Bawalah makanan dan minuman yang ringan dan tidak mudah basi, seperti roti, kue, buah-buahan, air mineral, atau teh manis.

  5. Bawa hiburan untuk mengusir bosan
    Perjalanan mudik naik kereta api bisa memakan waktu berjam-jam, tergantung tujuanmu. Agar tidak bosan, bawalah hiburan yang bisa kamu nikmati selama di kereta, seperti buku, majalah, musik, game, film, atau podcast. Jangan lupa juga membawa earphone atau headphone agar tidak mengganggu penumpang lain.

  6. Tetap waspada dan berhati-hati
    Jaga barang-barangmu dengan baik agar tidak hilang atau dicuri. Jangan mudah percaya dengan orang asing yang menawarkan bantuan atau jasa. Jika ada sesuatu yang mencurigakan atau mengganggu, segera laporkan kepada petugas kereta atau polisi. Ikuti juga aturan dan petunjuk yang ada di dalam kereta agar perjalananmu aman dan tertib.
Baca Juga   Jelajahi Dunia dengan Aman Bersama Asuransi Perjalanan dari MSIG

3 Keuntungan Mudik Naik Kereta Api

keuntungan mudik naik kereta api

Mudik naik kereta api memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan moda transportasi lainnya. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan jika memilih mudik naik kereta api:

  1. Lebih nyaman dan aman
    Kereta api memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan nyaman, seperti kursi yang empuk, AC yang dingin, toilet yang bersih, dan layanan makanan dan minuman. Selain itu, kereta api juga lebih aman karena tidak terpengaruh oleh kemacetan lalu lintas, cuaca buruk, atau kecelakaan. Anda bisa bersantai dan menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan tanpa khawatir.

  2. Lebih hemat dan efisien
    Kereta api memiliki tarif yang relatif terjangkau dan tetap, tidak seperti bus atau pesawat yang bisa berubah-ubah sesuai dengan permintaan. Anda juga bisa menghemat biaya transportasi lainnya, seperti tol, parkir, atau bensin. Selain itu, kereta api juga lebih efisien karena memiliki jadwal yang pasti dan tidak terlalu sering berhenti di stasiun-stasiun kecil. Anda bisa mengatur waktu perjalanan Anda dengan lebih baik dan tidak perlu menunggu lama di terminal atau bandara.

  3. Lebih ramah lingkungan dan sosial
    Kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang paling ramah lingkungan karena menghasilkan emisi gas rumah kaca yang lebih rendah daripada kendaraan bermotor. Dengan mudik naik kereta api, Anda bisa berkontribusi dalam mengurangi polusi udara dan pemanasan global. Selain itu, kereta api juga lebih sosial karena Anda bisa berinteraksi dengan penumpang lainnya yang mungkin berasal dari berbagai daerah dan latar belakang. Anda bisa berbagi cerita, pengalaman, atau informasi yang bermanfaat selama mudik.

Itulah beberapa keuntungan mudik naik kereta api yang bisa Anda pertimbangkan. Jika Anda tertarik untuk mudik naik kereta api, segera pesan tiketnya sebelum kehabisan. Selamat mudik dan selamat menikmati perjalanan Anda!

Baca Juga   Tips Rahasia di Batu Secret Zoo
1467 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan home furnishing. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Travelling

Promo Tiket Pesawat Domestik Murah 2024

2 Mins read
Tiket pesawat domestik adalah dokumen resmi yang memberikan hak kepada seseorang untuk naik pesawat terbang dalam negeri. Tiket ini mencakup informasi seperti…
AsuransiTravelling

Jelajahi Dunia dengan Aman Bersama Asuransi Perjalanan dari MSIG

1 Mins read
Dalam era globalisasi dan mobilitas tinggi, perjalanan internasional telah menjadi bagian penting dari banyak kehidupan, baik untuk tujuan bisnis maupun rekreasi. Menyadari…
Travelling

Isi Liburan Akhir Pekan dengan Mengunjungi Hidden Gem Bandung! 

3 Mins read
Bandung memiliki banyak tujuan wisata populer yang kerap dikunjungi baik karena keindahan alamnya, kuliner, maupun wahana dan tempat bersejarah. Tapi kamu perlu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.