NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
kesehatanLogistik

Mewaspadai Peredaran Narkoba di Industri Logistik

2 Mins read
Peredaran Narkoba di Industri Logistik

Saat ini, peredaran narkoba semakin masif. Termasuk juga beredar di industri logistik. Meski demikian perlawanan terhadap peredaran narkoba tidak boleh kalah. Apa saja dan bagaimana peredaran narkoba di industri logistik? Akan diulas dalam tulisan ini.

Apa itu Narkoba?

Sebelumnya kita ulas lebih dulu mengenai pengertian narkoba. Sebetulnya narkoba adalah obat/zat yang lazim dipakai dalam dunia kesehatan. Namun karena beberapa efek sampingnya dianggap memberikan kepuasan ketika dikonsumsi, maka banyak yang menyalahgunakan pemakaiannya. Padahal, efek samping yang ditimbulkan sangat berbahaya bagi kesehatan serta menimbulkan ketergantungan atau kecanduan bagi pemakainya.

Karena banyaknya penyalahgunaan narkoba ini, maka di seluruh dunia mengatur secara ketat penggunaannya, termasuk di negara Indonesia. Efek samping lainnya dari penyalahgunaan narkoba adalah rusaknya perekonomian pemakai, hubungan antar keluarga bahkan timbulnya kriminalitas.

Beberapa contoh jenis narkoba antara lain morfin, heroin, ganja, kokain, opium.

Peredaran Narkoba di Industri Logistik

Industri logistik termasuk rentan dalam lingkaran peredaran narkoba. Peranan pentingnya antara lain pemanfaatan jalur distribusi, pemanfaatan warehouse sebagai tempat penyimpanan narkoba hingga peredaran narkoba di kalangan pekerja logistik. Mari kita bahas satu persatu.

1. Pemanfaatan Jalur Distribusi Untuk Peredaran Narkoba

Salah satu aktifitas yang dilakukan dalam industri logistik adalah melakukan distribusi baik melalui darat, laut, udara dengan berbagai macam moda transportasi seperti pesawat terbang, kapal laut, kereta api, hingga truk. Dengan layanan ke berbagai tempat di seluruh Indonesia, maka aktifitas ini dapat dimanfaatkan untuk peredaran narkoba. Banyak ditemukan bahwa peredaran narkoba memanfaatkan perusahaan transportasi ataupun jasa kurir untuk mengirim narkoba.

Baca Juga   Berbagi Pengalaman Ketika Sakit Tipes

2. Pemanfaatan Fasilitas Warehouse untuk Tempat Menyimpan Narkoba

Warehouse adalah salah satu fasilitas yang mendukung dalam rangkaian aktifitas logistik. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat untuk menyimpan barang. Beberapa kasus telah ditemukan pemanfaatan warehouse untuk menyimpan narkoba, baik dengan menyimpan bahan baku pembuatan narkoba maupun dengan cara kamuflase dengan menyimpan narkoba bercampur dengan barang lainnya.

3. Peredaran Narkoba di Kalangan Pekerja Logistik

Juga dapat ditemukan beberapa kasus penggunaan narkoba di kalangan pekerja logistik, namun bisa dibilang angkanya sangat kecil. Karena aktifitas di sektor logistik ini membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi, sehingga jika ada pekerja logistik yang menggunakan narkoba akan langsung terdeteksi. Namun yang perlu diwaspadai adalah pekerja logistik yang ikut bekerja sama dengan pengedar narkoba untuk mengedarkan narkoba tersebut.

Pencegahan Peredaran Narkoba di Industri Logistik

Dengan semakin maraknya peredaran narkoba di industri logistik, maka yang perlu dilakukan adalah melakukan pencegahan peredaran narkoba di industri logistik. Beberapa pencegahan yang bisa dilakukan antara lain:

1. Bekerjasama Dengan Instansi Terkait

Pengelola logistik harus bekerja sama dengan instansi terkait yang berkait dengan narkoba, yaitu dari kepolisian, Badan Narkotika Nasional (BNN) serta dinas Kesehatan. Misalnya saja tentang pengenalan barang-barang narkoba, kemudian juga pengenalan berbagai modus yang dilakukan oleh pengedar narkoba yang memanfaatkan jaringan pengelola logistik.

Selain itu dari instansi terkait, pengelola logistik bisa mendapatkan penjelasan lebih detail mengenai peraturan-peraturan yang berkaitan dengan narkoba tersebut.

2. Pro Aktif Memberikan Sosialisasi di Kalangan Pekerja Logistik

Pengelola logistik hendaknya secara aktif untuk terus memberikan sosialisasi mengenai bahaya narkoba di kalangan pekerja logistik. Sosialisasi ini hendaknya dilakukan secara terus menerus dan secara visual juga diberikan banyak peringatan, misalnya dengan menaruh banner di berbagai lokasi strategis di dalam area.

Baca Juga   Relaksasi Tubuh Anda Dengan Layanan Massage Karawaci

Banyak referensi sebagai bahan sosialisasi yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah Halodoc, salah satu platform yang memberikan banyak informasi berkaitan tentang kesehatan, termasuk di dalamnya mengenai Narkoba. Menurut saya informasi yang diberikan sangat lengkap, karena tidak hanya memberikan informasi literal, namun juga informasi penting lainnya semisal jadwal dokter, alamat rumah sakit, berdiskusi secara online dangan dokter, bahkan kita bisa membeli obat di platform ini.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
kesehatan

8 Manfaat Baik Bawang Putih Untuk Kesehatan 

2 Mins read
Bawang putih biasanya digunakan sebagai bumbu masakan. Tetapi tahukah kamu ternyata bumbu dapur ini memiliki banyak manfaat. Sebagian orang mungkin menganggap kalau…
kesehatan

Kenali Kondisi Kadar Kolestrol Tinggi

2 Mins read
Seringkali kita mendengar tentang berbagai penyakit yang timbul karena kadar kolestrol yang tinggi. Apa sesungguhnya kolestrol tinggi tersebut? Lalu bagaimana menanganinya? Mari…
kesehatan

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Minum Vipro-G

4 Mins read
Tidak terasa sudah beberapa bulan Kita menghadapi masa pandemi ini. Berbagai kisah suka dan duka Kita alami. Ada yang beberapa teman, keluarga…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.