NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Teknologi

Perkenalkan Mesin EDC Gopay Yang Bisa Bikin Transaksi jadi Lebih Mudah

3 Mins read
mesin edc gopay

Pada saat sedang jalan-jalan, tidak sengaja saya melihat mesin EDC yang tidak pernah saya lihat sebelumnya. Kok ada tulisan SPOTS ya? ini punya bank mana ya? Sebelumnya saya hanya tahu kalau EDC itu mesin yang dikeluarkan oleh lembaga perbankan untuk melakukan pembayaran. Setelah itu saya diberi tahu oleh mbak penjualnya kalau ini tuh mesin EDC Gopay. Wah keren banget ya. Eh, tunggu dulu, baca lebih lanjut ya untuk tahu fitur yang lebih keren dari mesin EDC Gopay ini.

Mesin EDC Gopay
Ilustrasi Transaksi Jual Beli. Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Beberapa tahun yang lalu, Kalau sedang melakukan transaksi jual beli biasanya kita memakai uang cash untuk melakukan pembayaran. Jika kita membayar dengan uang “gede”, kita nanti akan diberikan kembalian uang oleh penjualnya. Nah beberapa tahun belakangan ini marak sekali dengan transaksi non tunai, baik itu dengan kartu debit, uang elektronik ataupun dompet elektronik. Banyak banget sebetulnya keuntungan dari transaksi non tunai. Selain transaksi jadi lebih aman karena tidak ada lagi uang palsu, transaksi juga menjadi lebih cepat karena penjual tidak perlu lagi menyediakan uang kembalian.

Tapi tidak cukup dengan kemudahan transaksi non tunai saja. Bagi penjual ada lagi nih yang lebih penting, yaitu bagaimana mencatat transaksi penjualan setiap hari. Kalau dulu, biasanya penjual akan mencatat jualan apa saja yang laku di sebuah buku. Tapi kalau penjualnya mau modal sedikit, mereka akan menaruh cash register atau mesin kasir di outletnya ataupun memakai software tertentu untuk mencatat penjualan.

Nah kedua hal inilah yang digabungkan dalam layanan SPOTS. SPOTS adalah sebuah aplikasi kasir (Point Of Sale) yang juga didukung dengan mesin EDC Gopay yang canggih. Jika menggunakan SPOTS ini, maka kita sudah mendapatkan sebuah aplikasi POS (Point Of Sale) sekaligus juga mesin EDC dan printer nota. Wah canggih banget ya.

Mesin EDC Gopay

SPOTS ini adalah salah satu layanan yang didukung oleh Gojek yang memberikan kemudahan untuk menjalankan operasional usaha. Beberapa fitur yang dimiliki SPOTS antara lain:

  • Mengatur menu
    Kamu dapat menambahkan item apa saja yang kamu jual di mesin EDC ini. Atau jika outlet kamu sudah terdaftar di GoFood kamu bisa impor menu outletmu yang ada di GoFood.
  • Terima Pesanan GoFood
    Kalau outlet kamu sudah terdaftar sebagai Partner GoFood, kamu bakalan mendapatkan notifikasi secara real-time jika menerima pesanan.
  • Terima pembayaran GoPay dan kartu debit
    Dengan mesin EDC ini, pembeli bisa membayar dengan berbagai macam metode pembayaran non tunai, seperti GoPay hingga kartu debit.
  • Mencatat semua tipe pembayaran.
    Semua tipe pembayaran dari pembeli dapat dicatat dan kamu bisa tahu tipe pembayaran apa yang sering digunakan oleh pembeli.
  • Cetak resi instan
    Mesin EDC ini juga menjadi printer untuk mencetak resi. Jadi tidak perlu tambahan mesin cetak lagi.
  • Laporan harian
    Laporan transaksi dapat dipantau baik lewat aplikasi maupun laporan email yang dikirimkan setiap hari.

Dengan menggunakan SPOTS ini kamu bakalan mendapatkan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh SPOTS seperti monitor usaha dengan mudah, kemudian dapat menerima banyak metode pembayaran dan yang paling penting kamu tidak perlu lagi melakukan perhitungan manual untuk transaksi yang dilakukan di outletmu. Kalau masih penasaran tentang SPOTS, kamu bisa intip website SPOTS atau juga Instagram SPOTS.

SPOTS Ada di Mana-Mana

SPOTS ini sudah banyak dipakai oleh penjual di mana-mana. Kita bisa dengan mudah menemukan outlet yang memakai mesin EDC Gopay ini dengan penanda tulisan SPOTS pada mesin EDC-nya. Seperti pada saat saya jalan-jalan ke Food Junction di Surabaya. Dari namanya saja sudah tahu pastikan ini tempat apa. Ya benar, Food Junction ini adalah salah satu destinasi tempat makan baru yang ada di daerah Surabaya barat. Selain tempat makan, juga menyediakan tempat belanja juga. Tidak ketinggalan, Food Junction menyediakan berbagai permainan seperti kereta kelinci, mobil kayuh. Banyak juga sih pengunjung yang mengambil kesempatan untuk berfoto di tempat ini karena tersedia banyak spot foto yang bagus.

Di Food Junction, saya tertarik dengan salah satu outlet yang menjual cendol, namanya Cendolsin Bar. Outlet ini menjual es cendol dalam kemasan dengan berbagai rasa. Saya akhirnya memilih membeli cendol dengan rasa original.

Pada saat akan membayar terlihat mesin EDC bertuliskan SPOTS untuk mencatat transaksi. Sembari berbincang, mbak yang menjaga outlet menerangkan kepada saya tentang cara menggunakan mesin EDC ini yang ternyata sangat mudah. Dia tinggal memilih menu apa yang dibeli oleh pembeli, kemudian memasukkan jumlah yang dibeli selanjutnya tinggal memilih memakai pembayaran apa.

Mesin EDC Gopay
Beli Cendol di CendolSin Bar, Food Junction Surabaya

Untuk pembayaran, selain menerima tunai, juga Go Pay. Yang teristimewa adalah mesin EDC ini juga menerima pembayaran dengan kartu debit. Wah sayangnya saya baru tahu belakangan setelah dijelaskan kalau mesin EDC ini bisa menerima pembayaran dengan kartu debit, termasuk kartu debit BCA yang saya punya.

Ilustrasi Transaksi Kartu Debit Dengan Mesin EDC Gopay

Menurut saya ini adalah sesuatu yang spesial banget jika bisa transaksi jual beli melalui mesin EDC dengan kartu debit sebagai alat pembayarannya. Karena setahu saya, biasanya hanya EDC dari bank yang mengeluarkan kartu saja yang bisa menerima transaksi kartu debit. Jika kebetulan tidak membawa uang tunai, dan kredit GoPay tidak mencukupi, membayar dengan kartu debit di mesin EDC Gopay ini bisa jadi solusi yang cocok buat pembeli.

Jadi jika kamu sebagai pemilik outlet, maka kamu harus memastikan untuk juga menggunakan SPOTS, agar transaksi kamu menjadi lebih mudah. Begitu juga jika kamu menjadi pembeli, pastikan bahwa outlet langgananmu sudah didukung oleh SPOTS yang akan memberikan dukungan dalam kemudahan bertransaksi.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

7 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.