NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Pendidikan

Tips Kartu Prakerja Yang Harus Kamu Ketahui

1 Mins read
Tips Kartu Prakerja Yang Harus Kamu Ketahui

Kartu prakerja adalah bentuk bantuan dari pemerintah yang dikeluarkan untuk menghadapi pandemi Covid-19. Tidak hanya melakukan pendataan, penerima kartu kerja juga akan mendapatkan bantuan dana untuk pelatihan dan untuk biaya kehidupan sehari-hari. Yuk simak bagaimana tips kartu prakerja yang harus kamu ketahui, mulai dari cara mendapatkan hingga pemanfaatannya.

Apa Itu Kartu Prakerja?

Kartu prakerja adalah sebuah program pemerintah yang diberikan kepada masyarakat. Pemegang kartu prakerja akan mendapatkan 3.5 juta rupiah selama 4 bulan dengan rinician: uang saku sebesar 2,4 juta rupiah yang diberikan selama 4 bulan atau 600 ribu rupiah per bulan. Kemudian 1 juta rupiah diberikan dalam bentuk pelatihan serta 150 ribu rupiah diberikan sebagai intensif selama 3 bulan setelah pelatihan berlangsung.

Tips Mendapatkan Kartu Prakerja

Untuk mendapatkan kartu prakerja, mekanisme yang dilakukan harus mendaftar di website prakerja.go.id. Namun banyak belum berhasil ketika mendapatkan kartu prakerja pada saat mendaftar. Coba simak tips berikut ini:

  1. Isikan Data Dengan Benar
    Ketika mendaftar kamu akan diminta memasukkan beberapa data seperti NIK, nomor Kartu Keluarga dan tanggal lahir. Selain itu akan ada juga verifikasi KTP. Pastikan unutk mengisi data tersebut dengan benar.

  2. Gunakan Nomor HP Yang Aktif
    Masukkan nomor HP kamu yang masih aktif atau paling tidak akan aktif di 3 bulan ke depan selama program prakerja berlangsung.

  3. Mengerjakan Tes
    Tahapan lain yang harus kamu lalui adalah mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Kerjakan tes sebaik mungkin agar kamu bisa lolos dan mendapatkan kartu prakerja.

Jika masih tidak berhasil juga untuk mendaftarkan kartu prakerja hingga 3 kali, buatlah surat pernyataan dan isikan data dengan benar. Kemudian kamu bisa kirimkan ke email [email protected]

Baca Juga   Tentang Rencana Pembelajaran Tatap Muka Di Sekolah

Tips Memanfaatkan kartu Prakerja

Setelah mendapatkan kartu prakerja, segera manfaatkan untuk mengikuti pelatihan. Banyak lembaga pelatihan yang saat ini bisa menerikan kartu prakerja baik yang. diselenggarakan secara offline maupun online. Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk menambah kemampuan kamu yang nantinya bisa kamu pergunakan untuk karir kamu selanjutnya. Setelah proses pelatihan selesai, kamu akan mendapatkan sertifikat yang kamu bisa sertakan nantinya di surat lamaran kerjamu.

Selain pelatihan, kamu juga akan mendapatkan uang saku maupun uang intensif yang diberikan setelah menjalankan pelatihan. Kamu bisa gunakan dan mencairkan uang tersebut di mitra resmi kartu Prakerja. Uang tersebut bisa kamu manfaatkan unutk membeli pulsa, token listrik, ataupun paket internet.

Demikian ulasan tips kartu Prakerja yang harus kamu ketahui, semoga informasi ini bermanfaat untukmu.

Artha Nugraha Jonar
1204 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Pendidikan

Pendidikan Di Kampus Binus Malang Untuk Masa Depan Terbaik

4 Mins read
Kota Malang berada di propinsi Jawa Timur tidak hanya dikenal sebagai kota pariwisata saja, namun juga dikenal sebagai kota pendidikan. Salah satu…
Pendidikan

Tentang Rencana Pembelajaran Tatap Muka Di Sekolah

4 Mins read
Setelah sekian lama melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), akhirnya sekolah anak saya mengumumkan untuk memulai pembelajaran tatap muka di sekolah, bagaimana saya…
Tulisan Lepas

Hari Pertama Masuk Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19

2 Mins read
Ini adalah cerita Mika, anak saya di hari pertama masuk sekolah pada masa pandemi Covid-19. Sesuai dengan petunjuk gugus tugas Penanggulangan pandemi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.