NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Bisnis

Ini 5 Manfaat Program Reward Agar Bisnis Terus Ngegas

3 Mins read
program reward digital

Pernahkah anda melihat konsumen anda pergi begitu saja setelah memakai produk atau layanan perusahaan Anda? Mungkin ada juga yang beralih ke kompetitor anda. Jika memang pernah, itu berarti perlu ada perbaikan dalam hal pendekatan terhadap pelanggan Anda.

Tidak setianya pelanggan dan turunnya angka pelanggan baru salah satunya adalah akibat dari kurangnya reward atau apresiasi dari perusahaan kepada pelanggan.  Disadari atau tidak, tapi reward atau apresiasi sangat penting untuk konversi konsumen ke pelanggan setia, mendatangkan konsumen baru dan promosi gratis dari mulut ke mulut.

Kenapa reward begitu bermanfaat untuk membuat bisnis Anda jalan terus dan pelanggan tetap setia pada produk Anda? Di bawah ini ada ulasan beberapa poin mengenai manfaat perusahaan memiliki rewarding program. Yuk simak ulasannya sampai selesai.

1. Membuat Pelanggan Lebih Senang dan Bangga Menggunakan Produk atau Layanan Perusahaan Anda

Dengan adanya rewarding program di perusahaan yang Anda kelola tentunya akan berdampak positif pelanggan terhadap produk maupun layanan yang anda tawarkan. Reward yang bisa diberikan perusahaan terhadap pelanggan setia tidak harus berupa uang maupun barang mewah.

Kadang ucapan seperti “Terima kasih selalu setia menggunakan produk kami” atau Anda bisa memberikan konten eksklusif, informasi yang diberikan lebih dulu kepada pelanggan setia anda, ternyata bisa membuat pelanggan Anda senang dan merasa dihargai. Dengan begitu, pelanggan akan selalu setia dan konsumen baru akan bisa dikonversi dengan mudah menjadi pelanggan setia.

Baca Juga   Cara Mengatur Laporan Keuangan Jualan Online

Kenapa? Karena mereka senang menggunakan produk yang dimana produsen atau penjualnya menganggap mereka tidak hanya pelanggan yang bisa menghasilkan uang saja. Tapi, lebih dari itu, pelanggan Anda mungkin akan merasa seperti bahwa produk Anda adalah teman mereka.

Dan juga, adanya rewarding program bisa memberikan sebuah dorongan kepada pelanggan setia Anda untuk ikut merekomendasikan produk Anda kepada orang terdekatnya agar juga membeli produk atau memakai jasa karena kualitasnya sudah terbukti.

2. Pelanggan Akan Semakin Loyal

Manfaat lain dari reward untuk pelanggan dan perusahaan Anda adalah bisa mempererat hubungan pelanggan dengan brand Anda atau simplenya akan membuat pelanggan Anda semakin loyal terhadap layanan maupun produk yang anda tawarkan.

Perusahaan yang rajin memberikan reward kepada pelanggan setianya, dijamin dapat mempertahankan pembeli setia yang tidak berpaling ke brand lain. Meski Anda harus mengeluarkan budget tersendiri untuk program reward ini, namun hal ini tetap penting dilakukan karena menyangkut kemajuan dan peningkatan pendapatan perusahaan Anda.

3. Mengurangi Pelanggan Berpindah ke Kompetitor

Banyaknya perusahaan atau brand kompetitor tentu menjadi tantangan tersendiri. Jika perusahaan tidak bisa mempertahankan pelanggan setia, tentu saja hal ini akan berdampak kepada penurunan pendapatan maupun penjualan produk karena pelanggan yang berpindah ke kompetitor.

Agar bisa bersaing dengan kompetitor selain meningkatkan pelayanan dan juga kualitas produk. Anda harus bisa mempertahankan pelanggan setia yang sudah Anda miliki, caranya bagaimana? Tentu saja caranya Anda harus memberikan reward untuk pelanggan setia anda.

Agar lebih mudah, anda bisa pakai TADA karena platform ini membantu pelaku usaha untuk melakukan rewarding program. Tunggu apalagi? Jangan sampai keduluan kompetitor Anda dalam membuat program reward yang menarik!

Baca Juga   Majukan UMKM Di Indonesia Dengan Pendanaan P2P Lending Akseleran

4. Reputasi Perusahaan Akan Meningkat

Ketika pelanggan setia meninggalkan produk dan layanan Anda, itu artinya gambaran produk Anda akan ikut bersamanya. Jika pelanggan setia Anda membicarakan produk Anda yang baik-baik saja, tentu saja hal ini tidak akan merugikan.

Tapi bagaimana jika pelanggan membicarakan kepada orang terdekatnya tentang jeleknya produk dan layanan perusahaan Anda, misalnya saja seperti perusahaan Anda tidak pernah mengapresiasi pelanggannya yang selalu menggunakan layananan maupun produknya? Hal ini akan merusak citra brand perusahaan Anda.

Maka dari itu mulai sekarang jangan sampai lewatkan rewarding program di setiap layanan maupun produk yang Anda tawarkan.

5. Memicu Pelanggan Anda untuk Membantu Goals Perusahaan

Seperti yang sudah disampaikan di poin pertama, bahwa seorang pelanggan yang sering mendapatkan reward akan cenderung senang dan merekomendasikan produk dan layanan perusahaan anda kepada rekan atau orang terdekat mereka.

Dengan perasaan yang senang tersebut, pelanggan anda akan sangat senang juga untuk menceritakan hal baik tentang produk perusahaan anda kepada orang lain. Hal ini adalah dampak positif dan tentunya akan membantu perusahaan dalam mencapai goals branding maupun sales.

Nah itu dia 5 poin yang menjadi alasan bahwa rewarding program ini sangat bermanfaat untuk pelanggan dan kelangsungan bisnis anda. Sekali lagi ditekankan, Anda tidak perlu memberikan bonus yang mewah maupun uang dan barang yang membebankan keuangan perusahaan anda. Namun, sesederhana memberikan kalimat baik, sopan dan kalimat yang bisa menghargai pelanggan Anda itu juga sudah termasuk bentuk reward maupun apresiasi.

Dengan anda sering memberikan reward, dijamin pelanggan anda akan meningkat dan pelanggan baru akan lebih mudah anda konversi menjadi pelanggan setia. Tidak hanya itu saja, pelanggan Anda juga akan menjadi aset marketing gratis untuk mendukung kemajuan bisnis dan meningkatkan pendapatan Anda.

Digital Rewards
Digital Rewards

Cari tahu tentang rewarding program di sini

Baca Juga   Teori Z

1360 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Bisnis

Cara Mengatur Laporan Keuangan Jualan Online

4 Mins read
Perkembangan teknologi informasi menjadikan semua bergerak menjadi serba online. Perubahan itu juga dapat dirasakan pada sistem jual beli secara online. Kemudahan cara…
Bisnis

Mengetahui Pengertian Diversifikasi Serta Jenis Strategi Yang Digunakan Dalam Bisnis

2 Mins read
Bagi anda yang berkecimpung di dunia bisnis pasti sudah tidak asing jika mendengar pengertian diversifikasi. Namun sebenarnya apakah makna dari kata diversifikasi…
Bisnis

Membanggakan, Inilah 8 Brand Lokal Indonesia yang Mendunia

2 Mins read
Tidak kalah dari negara-negara lainnya, berbagai produk brand lokal yang mendunia asal Indonesia juga cukup digemari di pasar internasional. Jenis produknya juga…

19 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.