NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Bisnis

P2P Lending Sebagai Pilihan Untuk Mendapatkan Modal Bisnis

2 Mins read
P2P Lending Sebagai Pilihan

Kebutuhan akan permodalan terkadang menjadi suatu halangan ketika ada keinginan untuk mengembangkan bisnis, hal ini terutama pada bisnis yang baru mulai berkembang dan kesulitan untuk mendapatkan akses ke lembaga perbankan. Namun di era belakangan ini, semakin marak tentang apa yang disebut dengan peer-to-peer lending atau yang disingkat P2P Lending. Dengan perkembangan dan bantuan teknologi yang serba online, maka konsep ini juga berkembang menjadi bentuk pinjaman online cepat cair. Dalam artikel ini, akan dibahas tentang P2P lending sebagai pilihan mendapatkan modal bisnis. Akan diulas mulai dari apa itu P2P lending, cara kerja P2P lending hingga keuntungan dan kelemahan dari P2P Lending.

Apa Itu P2P Lending?

P2P lending adalah suatu sistem yang mempertemukan antara orang yang perlu meminjam uang dengan investor yang ingin meminjamkan uang. Dengan penggunaan teknologi, saat ini banyak berkembang platform online yang memfasilitasi ini. P2P lending tergolong ke dalam financial technology (fintech).

Cara Kerja P2P Lending

Berikut adalah cara kerja dari P2P lending:

  1. Masuk ke dalam platform P2P Lending, kemudian mengajukan pinjaman dengan mudah dan tanpa jaminan. Kamu akan diminta untuk memberikan informasi pribadi dan mengisi jumlah yang ingin Kamu pinjam.
  2. Pemberi pinjaman akan melakukan pemeriksaan, menilai pengajuanmu dan memberikan penilaian tingkat risiko.
  3. Investor akan memiliki akses ke profil pinjaman. Meski demikian, identitas peminjam akan tetap dirahasiakan. Sebagian besar pinjaman memiliki lebih dari satu investor, dan setelah cukup banyak investor yang menyatakan minat untuk mendanai pinjamanmu, maka pinjamanmu akan sepenuhnya disetujui.
  4. Pemberi pinjaman akan meminta dokumentasi mengenai riwayat bisnis, pendapatan bulanan dan hutang.
Baca Juga   Teori Z

Berapa banyak yang bisa dipinjam?

Beberapa pinjaman P2P lending menawarkan pinjaman mulai dari 500 ribu rupiah hingga sebesar 2 milyar rupiah. Tempo pinjaman yang dapat dipilih juga bervariasi. P2P lending saat ini sangat cepat cair. Ketika dana yang anda minta terpenuhi, maka dana tersebut langsung mengalir ke rekeningmu.

Keuntungan P2P Lending Bagi Para Investor

Investor dapat memperoleh suku bunga atas investasi mereka. Jika investor lebih berani mengambil risiko,, maka mereka bisa mendapatkan tingkat suku bunga yang lebih tinggi.

Keuntungan Meminjam Modal Bisnis Dari P2P Lending

Beberapa keuntungan menggunakan P2P lending sebagai pilihan untuk mendapatkan modal bisnis antara lain:

  1. Peluang untuk memperbaiki skor kredit bisnismu. Ketika Kamu meminjam modal bisnis melalui P2P lending dan mampu melakukan pembayaran secara tepat, maka skor kredit bisnismu otomatis akan naik dan Kamu dapat kesempatan untuk menaikkan plafon pinjaman yang kamu ajukan.
  2. Menggunakan P2P lending sebagai pilihan dapat memudahkanmu untuk mendapatkan modal secara cepat dan mudah. Platform P2P lending dirancang untuk memberikan kemudahan ketika mengajukan pinjaman. Selain itu, kamu bisa mengajukan kapan saja, baik pagi, siang atau malam.
  3. P2P lending sangat mudah diakses.
  4. P2P lending memberikan suku bunga kompetitif. Kamu bisa mendapatkan beragam tingkat suku bunga dari berbagai penyelenggara P2P lending.

Kelemahan Meminjam Modal Bisnis Dari P2P Lending

Kelemahan meminjam modal bisnis dari P2P Lending adalah suku bunga yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan suku bunga perbankan. Oleh sebab itu, peminjam harus memastikan untuk mengetahui hal ini dan sudah dapat memperhitungkan tentang kemampuan melakukan pengembalian pinjaman sesuai dengan termin yang dipilih.Ini adalah dunia baru yang berani dalam hal pinjaman pribadi. Jika skor kredit Anda 600 atau lebih baik dan Anda membutuhkan pinjaman, mungkin ada baiknya untuk memeriksa pemberi pinjaman P2P.

Baca Juga   4 Peluang Bisnis Online Yang Menjanjikan
Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Keuangan

Cara Mudah Lapor Pajak Online dengan e-Filling DJP Online

2 Mins read
E-Filling menjadi salah satu alternatif untuk melakukan pelaporan SPT tahunan secara elektronik. Pelaporan SPT tahunan ini dilakukan secara real time dan online…
KeuanganLifestylePendidikan

Cara Menghemat Biaya Kuliah

2 Mins read
Waktu kelulusan sudah lewat, sebagai anak SMK/SMA apakah Kamu berniat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi? Mungkin bagi lulusan…
KeuanganLogistik

Strategi Keuangan Perusahaan Penyedia Jasa Logistik di Masa Pandemi

3 Mins read
Sudah lebih dari 3 bulan pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia. Pembatasan sosial berskala besar yang ada di berbagai wilayah di Indonesia saat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.