NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Otomotif

Pertimbangkan 9 Tips Berikut Sebelum Membeli Honda Brio Bekas Seharga 70 Jutaan Ini.

2 Mins read
Honda Brio Bekas
sumber: autofun.co.id

Jika ingin mencari mobil bekas dengan harga terjangkau, mungkin ini adalah saat yang tepat. Beberapa mobil populer, saat ini dibandrol dengan harga yang murah, salah satunya adalah mobil Honda Brio bekas.

Sebagai contohnya, di pasaran mobil bekas, kita bisa dapati untuk mobil Honda tipe Brio seri awal yaitu tahun 2013, kita bisa dapatkan dengan harga 70 jutaan saja. Cukup menarik bukan? Karena selain kita bisa mendapatkan mobil dengan tipe yang cukup populer di Indonesia, kita juga bisa mendapatkan mobil bekas yang tergolong masih muda.

Tips Memilih Mobil Honda Brio Bekas

Namun demikian, meski saat ini harga yang ditawarkan untuk mobil Honda Brio bekas sedang murah, sebaiknya tetap melakukan seleksi sebelum membelinya. Saya ingin membagikan 9 tips yang bisa Kamu gunakan ketika akan memilih bekas. Beberapa tipsnya antara lain:

1. Mencari Informasi Terlebih Dahulu Sebelum Membeli

Saran pertama adalah sebaiknya Kamu mencari informasi mengenai mobil yang akan dibeli. Misalnya kamu tertarik dengan mobil Honda Brio bekas tahun 2013, kamu bisa mencari informasi mengenai mobil tersebut di internet. Paling tidak kamu bisa mengenali spesifikasi dari mobil itu. Selain mencari informasi secara online di internet, Kamu juga bisa bertanya kepada teman atau saudara yang memahami mobil tersebut, ataupun memiliki mobil dengan tipe dan tahun pembuatan yang sama. Lebih baik lagi jika dapat berkesempatan untuk menjajal mobil tersebut.

Baca Juga   Spesifikasi dan Harga All New Calya 2019

2. Prioritaskan Untuk Membeli dari Tangan Pertama

Sebaiknya prioritaskan untuk mendapatkan mobil bekas dari tangan pertama. Alasannya adalah Kamu bisa mengetahui latar belakang mobil tersebut dengan mudah, karena langsung bertemu dengan pemilik sebelumnya.

3. Cek Bodi Mobil

Tips selanjutnya adalah melakukan pengecekan terhadap bodi mobil. Kamu dapat mengecek kondisi cat mobil. Periksa juga setiap detail mobil tersebut dari bagian depan hingga belakang serta dari bagian atas hingga ke bagian bawah.

4. Cek Mesin Mobil

Selanjutnya, Kamu bisa melakukan pengecekan ke bagian mesin mobil. Jika Kamu kurang mengerti tentang mesin mobil, Kamu bisa mengajak seseorang yang paham tentang kondisi mesin mobil. Memang mobil bekas bisa dibilang sangat jarang yang sempurna, namun dengan mengetahui kekurangan mobil tersebut, kamu bisa mengetahui apa yang harus kamu lakukan ketika membeli mobil bekas tersebut.

5. Cek Bagian Interior Mobil

Selanjutnya Kamu bisa melakukan pemeriksaan terhadap bagian interior mobil. Periksa setiap detailnya, serta lakukan pengecekan pada semua fitur utama yang seharusnya dimiliki oleh mobil dengan tipe dan tahun pembuatan tersebut.

6. Test drive

Lakukan test drive sebagai bahan pertimbangan untuk mobil bekas tersebut. Dengan melakukan test drive, Kamu akan mengetahui apakah mobil bekas tersebut masih nyaman untuk dikendarai atau tidak? Kamu juga bisa mencoba berbagai fitur utama dari mobil tersebut pada saat melakukan test drive.

7. Cek Kelengkapan Peralatan Mobil

Pada mobil-mobil saat ini, biasanya sudah tersedia peralatan mobil yang standar seperti dongkrak, dan sebagainya. Cek apakah peralatan tersebut masih tersedia atau tidak.

8. Cek Apakah Mobil Tersebut Masih Terlindungi Oleh Asuransi

Jika memungkinkan, Kamu bisa memilih mobil bekas yang masih terlindungi oleh asuransi. Dengan adanya asuransi, maka akan ada nilai tambah pada mobil bekas tersebut.

Baca Juga   Yang Penasaran Dengan Suzuki Grand Vitara 2020, simak Spesifikasi, Review dan harganya

9. Kelengkapan Surat Kendaraan.

Bagian penting lainnya yang harus Kamu cek adalah kelengkapan surat kendaraan seperti BPKB dan STNK. Pastikan mobil bekas tersebut memiliki surat-surat yang resmi. Selain itu pastikan juga pajak kendaraan telah terbayar. Meski kamu bisa memanfaatkan pemutihan pajak kendaraan yang sering diselenggarakan oleh beberapa daerah, namun lebih baik untuk memilih mobil bekas yang pajaknya selalu terbayarkan.

Itu tadi 9 tips yang bisa kamu pakai sebaga bahan pertimbangan ketika akan memilih dan membeli mobil bekas. Semoga bermanfaat.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Otomotif

Modifikasi Beat Street dengan Berbagai Aksesori

2 Mins read
Honda Beat Street merupakan motor versi nakal dari Honda Beat. Motor ramping matic yang pas untuk berkendara di jalan padat. Anda dapat…
Otomotif

Keunggulan Suzuki Address Dibandingkan Motor Matic Lainnya

2 Mins read
Saat ini minat dan juga penjualan motor skuter matic di Indonesia sedang mengalami masa naik-naiknya. Dimana banyak orang yang lebih memilih membeli…
Otomotif

Cara Mudah Mendapatkan Mobil Impian Saat Promo Toyota

2 Mins read
Memiliki mobil impian tidak sulit dilakukan karena promo Toyota banyak sekali bermunculan. Sehingga Anda selaku pelanggan setia dari Toyota bisa menikmati promo…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.