NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
LifestyleSoftwareTeknologi

Storytel App Review: Platform Untuk Menikmati Audiobook di Indonesia

4 Mins read
storytel app

Menarik untuk mengulas aplikasi yang satu ini. Di tengah banyaknya buku-buku yang masuk daftar tunggu untuk dibaca, terkadang kita tidak punya waktu untuk membuka buku. Bahkan e-book yang katanya lebih praktis itu, karena bisa dibuka melalui berbagai gadget, ternyata juga tidak sempat dibaca. Dan inilah penyelamatnya: Storytel app, sebuah platform audiobook yang akan memberikan kesempatan untuk menyimak buku di berbagai kesempatan.

Konsep “Membaca Buku” Yang Berbeda di Audiobook

Audiobook merupakan sebuah platform yang menawarkan cara lain untuk “membaca” sebuah buku. Alih-alih membaca, penikmat buku akan dibacakan isi buku tersebut secara detail. Konsep ini ditawarkan tentu sejalan dengan kebiasaan dongeng pengantar tidur yang sering disampaikan orang tua kepada anak sebelum tidur.

Keunggulan audiobook, selain dengan pendekatan melalui indera visual, tetapi juga memberikan terobosan baru yaitu dari sisi pemanfaatan waktu yang lebih praktis. Dengan audiobook, maka penikmat buku bisa berkesempatan untuk “membaca” buku kapan saja dan dimana saja.

Mengenal Storytel App

Rasanya tidak bisa mengabaikan aplikasi Storytel jika membicarakan platform audiobook. Aplikasi yang mempunyai kantor pusat di Stockholm, Swedia ini adalah merupakan layanan aplikasi audiobook yang saat ini telah ada di lebih dari 20 negara yang ada di dunia dan termasuk di Indonesia.

Jika berbicara pasar Indonesia, maka tidak bisa memungkiri bahwa perkembangan internet beserta penggunaan gadget smartphone telah begitu meluas. Berbagai kalangan mulai dari usia muda hingga tua telah terbiasa dengan penggunaan teknologi ini. Oleh sebab itu, pasar Indonesia menjadi sangat cocok untuk berbagai aplikasi yang dijalankan di gadget smartphone.

Tentunya jika dikombinasikan dengan semakin terbatasnya waktu luang, maka penggunaan segala sesuatu yang berdasarkan smartphone akan dipandang lebih praktis. Di sisi inilah yang menjadikan aplikasi audiobook Storytel menjadi lebih mudah diadaptasikan di Indonesia.

Baca Juga   Panduan Memasang AC di Rumah

Menghadapi Tantangan Tingkat Literasi Masyarakat

Memang di satu sisi kita menghadapi dari budaya literasi khususnya dalam hal membaca di Indonesia yang masih rendah, tapi ternyata inilah yang menjadi poin penting bagi aplikasi audiobook ini berkembang di masyarakat.

Malas membaca bisa terpatahkan dengan budaya mendengar bacaan dari buku. Meski cara membaca berbeda, tapi esensinya tetap sama, yaitu tersalurkannya informasi, pengetahuan yang ada dalam buku kepada penikmat bukunya. Selain itu juga memberikan kebebasan bagi penikmat buku untuk dapat menyelami buku kapan saja dan dimana saja, hanya dengan mendengar dari aplikasi audiobook.

Menariknya, Storytel tidak hanya menyediakan fasilitas audiobook dan e-book berlangganan terbesar di dunia dengan lebih dari 500 ribu judul rekomendasi buku, tetap juga menawarkan pengalaman menggunakan aplikasi yang menyenangkan.

Untuk versi audiobook Indonesia, kamu bakalan menemukan banyak jenis buku, mulai dari buku best seller, novel fiksi, dan berbagai buku lainnya.

Kalau kamu penggemar novel fiksi Harry Potter, kamu juga bakal menemukan audiobook Indonesia dengan judul Harry Potter audiobook di sini. Dulu saya punya teman satu kos yang bisa menggemari novel ini. Bayangkan, dia bisa menghabiskan novel Harry Potter yang tebal itu dalam waktu satu hari. Sementara saya membutuhkan waktu hingga berhari-hari untuk bisa menyelesaikan novel itu. Tapi dengan audiobook ini, saya yakin bisa menyelesaikan novel ini dengan waktu yang lebih cepat.

Kategori Buku Yang Beragam

Banyak kategori buku lainnya yang menarik, seperti kategori anak, biografi, bisnis, fiksi dan non fiksi, romance hingga tentang agama spritualitas. Semua ada di Storytel app.

Barisan koleksi karya anak bangsa Indonesia juga banyak. Sebut saja novel yang berjudul Negeri Lima Menara, Divortiare, Dilan yang difilmkan dengan judul yang sama. Tidak ketinggalan juga novel-novel dari luar negeri, seperti misalnya berbagai novel Harry Potter audiobook, kemudian juga Game of Thrones, Sapiens,Mariposa, Dilan, Divortiare, Selamat Tinggal, Negeri Lima Menara hingga Hunger Games.

Baca Juga   Ini Cara Membasmi Kutu Busuk

Storytel merupakan layanan streaming buku audio dan e-book berlangganan yang berasal dari Swedia dan juga merupakan salah satu platform audiobook terbesar di dunia.

Aplikasi Storytel ini tersedia di berbagai platform. Kamu bisa download aplikasi Storytel untuk Android ataupun aplikasi Storytel untuk IOS dengan mudah. Kamu bisa coba secara gratis aplikasi Storytel ini selama 7 hari dan selanjutnya aplikasi ini menawarkan promosi untuk biaya berlangganan sebesar Rp. 39,000 saja.

Mengapa Harus Menggunakan Aplikasi Storytel?

Koleksi Lengkap Audiobook Indonesia
Koleksi Lengkap Audiobook Indonesia

Aplikasi Storytel mempunyai beberapa keunggulan sebagai berikut:

  1. Memiliki koleksi Audiobook yang banyak
    Di aplikasi ini, kamu bakalan bisa untuk mendengarkan ratusan ribu audiobook dari berbagai penulis yang ada di seluruh dunia. Berbagai rekomendasi buku ada di sini dan siap untuk didengarkan.

  2. Tersedia Berbagai Macam Kategori
    Di Storytel app menyediakan berbagai macam kategori. Mulai dari kategori untuk buku best seller, buku berbahasa Indonesian, buku berbahasa Inggris, buku fiksi maupun non-fiksi juga berbagai kategori lainnya seperti kategori sejarah, cerpen, biografi tokoh hingga kategori drama.

  3. Narator Yang Menyenangkan
    Karena aplikasi Storytel ini merupakan platform audiobook, maka kekuatan agar pembaca mampu tertarik dan bertahan ketika sedang “membaca” suatu buku terletak pada narator yang handal. Salah satu kekuatan dari Storytel ini adalah narator yang berpengalaman di bidangnya yang mampu menyampaikan bacaan melalui narasi yang baik. Beberapa pesohor seperti artis di Indonesia juga menjadi narator di Storytel.

  4. Juga Tersedia Ebook
    Jika ingin baca buku online, kamu juga bisa melakukannya di Storytel. Karena Storytel juga menyediakan berabgai ebook yang bisa kamu baca secara online melalui gadget kamu.

Berbagai Fitur di Aplikasi Storytel

Aplikasi Storytel app memiliki berbagai fitur yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya. Beberapa fitur dari aplikasi ini antara lain:

  1. Adanya fitur pencarian untuk mencari judul buku yang ingin didengar.
  2. Adanya filter berdasarkan urutan abjad, nama penulis, narator, hingga tanggal terbit buku.
  3. Pengelompokan buku berdasarkan kategori.
  4. Adanya deksripsi pada setiap audiobook.
  5. Fitur penyimpanan buku yang ingin didengarkan di lain waktu.
  6. Fitur bookmark untuk menandai posisi akhir dari buku.
  7. Pengaturan kecepatan baca narator.
  8. Adanya fitur untuk mendengarkan audiobook secara offline.
  9. Adanya mode anak yang khusus untuk menampilkan audiobook khusus anak-anak.
  10. Terdapat statistik yang memberikan pelaporan aktifitas penggunaan aplikasi dalam 30 hari terakhir
  11. Aplikasi ini dilengkapi pengamanan password untuk mengamankan akses ke aplikasi.
Baca Juga   5 Hotel Murah di Bekasi, Cocok untuk Staycation!

Mendengar Dian Sastro Bercerita Storytel

Mendenga Cerita Dian Sastro di Storytel
Mendengar Cerita Dian Sastro di Storytel

Setelah install dari playstore untuk aplikasi berbasis android dan mencoba berbagai fitur yang ada di Storytel, saya tertarik dengan audiobook yang berjudul Dunia Shopie. Buku ini sebetulnya merupakan pengenalan tentang dunia filsafat yang disampaikan dengan ringan.

Yang mengejutkan, narator dari buku ini adalah Dian Sastro. Menurutku ini dia cocok banget jadi narator novel ini. Dari latar belakang pendidikan sebagai sarjana filsafat, paham banget tentang isi buku ini. Buku filsafat populer ini menjadi semakin mudah dipahami dengan narasi yang dibawakan oleh Dian Sastro.

Dan masih banyak audiobook lainnya yang juga menarik untuk didengarkan. Kalau untuk saya, fleksibilitas untuk bisa mendengarkan audiobook ini yang saya dapatkan. Bayangkan saja, saya bisa mendapatkan konten informasi dari sebuah buku hanya dengan mendengarkan dan bisa didengarkan kapan saja.

Kesimpulan

Aktifitas Menyenangkan dengan Aplikasi Audiobook Storytel
Aktifitas Menyenangkan dengan Aplikasi Audiobook Storytel

Buat kamu yang ingin menjelajahi buku tapi sudah merasa tidak punya waktu lagi untuk membaca buku, mendengarkan audiobook melalui Storytel ini adalah hal yang saya rekomendasikan. Kamu bisa “membaca” buku di mana saja dan kapan saja. Koleksinya juga sangat lengkap. Mulai dari Harry Potter, Game of Thrones, Sapiens,Mariposa, Dilan, Divortiare, Selamat Tinggal, Negeri Lima Menara hingga Hunger Games. Menariknya, biaya untuk akses premiumnya pun terbilang cukup terjangkau. Jadi dengan Storytel ini, kamu bisa menambah khasanah literasi kamu. Selain itu, kamu juga bisa baca buku online dari koleksi ebook yang tersedia.

1379 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Lifestyle

Wahai Pria di luar sana, Perhatikan 8 hal ini ketika Memilih Jam Tangan

3 Mins read
Jam tangan bukah hanya berfungsi untuk penunjuk waktu, melainkan sudah menjadi aksesoris pria. Tentunya, pemilihan yang tepat akan menambah rasa percaya diri….
Lifestyle

Eits, Jangan beli kulkas dulu sebelum baca ini!

2 Mins read
Akhir-akhir ini cuaca di Indonesia kerap kali tidak menentu, seringkali malah cuaca di sekitar tempat saya tinggal sangat panas. Suhu yang sangat…
Lifestyle

Donasi Online untuk Membantu Anak-Anak agar Bisa Bersekolah

3 Mins read
Seringkali, kita menemukan anak-anak berjualan di lampu merah, mengamen, atau bahkan sekadar bermain di kolong jembatan. Terkadang, kita merasa sedih melihat anak-anak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.