NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
kesehatan

Stunting: Kenali Stunting dan Cara Pencegahannya

1 Mins read
Stunting dan Cara Pencegahannya

Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang mengalami kasus stunting yang tinggi. Pemerintah saat ini menjadikan pencegahan stunting ini sebagai program utama. Pada artikel ini, kita akan kenali stunting dan cara pencegahannya.

Pengertian Stunting

Stunting merupakan suatu kondisi terjadinya kegagalan pertumbuhan pada anak, yang disebabkan oleh kekurangan gizi pada waktu yang cukup lama. Secara fisik, stunting dikenali dengan anak yang lebih pendek atau perawakan yang lebih pendek jika dibandingkan dengan anak normal yang seusia dengannya. Selain itu juga, stunting dapat menimbulkan keterlambatan dalam berpikir.

Di dunia ini, kekurangan gizi kronis telah mengancam hampir seperempat jumlah anak, termasuk di Indonesia. Oleh sebab itu, potensi terjadinya kasus stunting menjadi sangat tinggi. Pada kasus stunting pada anak, dampaknya berpengaruh terhadap perkembangan fisik, organ, fungsi otak, hingga kepada sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga pastinya akan menghambat produktivitas anak di masa mendatang.

Apa yang menyebabkan stunting?

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya stunting. Misalnya ketersediaan ragam makanan, bagaimana anak diberi makan dan dirawat, akses ke air minum yang bersih, adanya perawatan kesehatan yang layak, dan tidak ketinggalan kebersihan serta sanitasi. Berbagai faktor inilah yang bisa menyebabkan terjadinya stunting.

Bagaimana mencegah stunting?

Salah satu bagian penting dalam pencegahan stunting adalah masa 2 tahun pertama semenjak anak lahir. Pada asa tersebut harus dipastikan bahwa seorang anak bisa mendapatkan gizi yang terbaik dan cukup. Pencegahan lainnya adalah dengan memastikan anak mendapatkan ASI. ASI akan memperkuat sistem kekebalan bayi dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak untuk bertumbuh dan berkembang.

Baca Juga   Jangan Pernah Tunda BAB Untuk Mengatasi Susah BAB

Bagaimana Kepedulian Membantu

Salah satu cara untuk membantu terjadinya stunting adalah dengan memperkuat komitmen agar anak dapat memperoleh nutrisi dan gizi yang cukup dalam 2 tahun pertamanya. Dukungan ini yang terutama dari keluarga inti hingga lingkungan sekitar. Namun di berbagai kasus, nutrisi tersebut tidak dapat dipenuhi karena ketidaaan kemampuan ekonomi untuk memenuhinya. Oleh sebab itu, pihak lain juga bisa untuk ikuti peduli dan membantu. Seperti program Mayora Cegah Stunting, yang dilaksanakan oleh PT Mayora Indah Tbk untuk membantu pemerintah dalam mencegah stunting di Indonesia. Peran dari pihak swasta seperti ini sungguh sangat membantu dalam penanganan stunting, terutama untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi masyarakat miskin.

Penutup

Demikian artikel mengenai stunting dan cara pencegahannya. Kita sudah mengetahui apa itu stunting, penyebab dan cara mencegahnya. Serta tidak lupa bagaimana kita bisa menjadi bagian untuk ikut mencegah terjadinya stunting. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

1304 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
kesehatan

7 Cara Membuat Senyum Manis Alami

3 Mins read
Apa kabar semua? Semoga tetap sehat selalu ya. Kali ini saya ingin membagikan 7 cara membuat senyum manis alami. Pada penasaran semua…
kesehatan

Yuk Kenali Sakit kepalamu!

4 Mins read
Hai kawan, apa kabar? Semoga kalian semua sehat selalu. Kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman serta pengetahuan mengenai salah satu kondisi…
kesehatan

7 Cara Meningkatkan Imun Tubuh untuk Melawan Segala Penyakit

3 Mins read
Cara meningkatkan imun tubuh – Daya tahan tubuh yang kuat merupakan cara utama melindungi diri dari berbagai penyakit. Ketika sistem imun Anda…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.